Translate

Selasa, 08 Januari 2013

Olahraga Ramah Lingkungan




Diakui Kay, gitaris Valerius bahwa berolahraga di gym memang lebih menyenangkan dengan semua fasilitas yang tersedia seperti mesin treadmill, sepeda statis, kolam renang, TV flat besar dan kamar mandinya. Namun dia juga mengakui kalau semua fasilitas tersebut tentunya kurang ramah lingkungan, karena boros air dan listrik.

Untuk menjaga lingkungan, dia pun menyarankan untuk mencoba olahraga yang lebih ramah lingkungan. Berikut ini empat pilihan olahraga yang bisa Anda coba untuk membantu menyelamatkan bumi atau minimal menjaga lingkungan dari hal kecil yang ada disekeliling kita melalui olahraga kegemaran.

Mendaki
Jenis olahraga ini adalah salah satu kegemaran Xander, bassist Valerius. Salah satu cara terbaik untuk berolahraga dan menurunkan stres ialah menelusuri jalan setapak terdekat atau pergi hiking. Jika Anda terbiasa berjalan atau jogging di treadmill, setiap langkah yang Anda jejakkan di jalan pegunungan yang menanjak dapat memompa jantung Anda, tanpa membutuhkan listrik. Selain itu, pikiran Anda akan menjadi lebih segar dengan pemandangan alam dan udara sejuk pegunungan. Untuk melakukan pendakian, Xander menyarankan Anda untuk membawa air, makanan ringan, obat nyamuk, dan tabir surya.

Menggowes
Menggunakan sepeda statis di gym memang menyenangkan, tapi anggaplah itu sebagai latihan Anda untuk bersepeda yang sesungguhnya. Bersepeda santai dengan menelusuri jalan-jalan di sore hari adalah salah satu kegemaran seorang Jesse, vokalis Valerius. Apalagi bersepeda bersama komunitas Anda atau pergi ke luar kota sehingga dapat melatih kecepatan Anda. Diakui Jesse bahwa bersepeda dapat meningkatkan kebugaran jantung juga daya tahan dan kekuatan otot bagian bawah tubuh Anda. Pastikan Anda mematuhi aturan hukum dan lalu lintas, memakai helm dan pakaian yang sesuai (atau lampu jika Anda bersepeda pada senja hari atau fajar), membawa air dan makanan ringan, dan menggunakan sinyal tangan untuk mengingatkan pengemudi dan pengendara sepeda lainnya.

Menyelam
Berlibur ke pantai atau ke laut adalah kegemaran seorang Xander. Hal yang paling sering dia lakukan ketika berada di pantai adalah melompat atau berenang. Bahkan dia mengatakan kesenangannya ketika berada di Indonesia dengan suhu udara yang lebih hangat daripada di Belanda, sehingga dia dapat berenang setiap hari di kolam renang. Menurutnya berenang dengan sekali lap dapat memberikan latihan kebugaran yang bagus untuk seluruh tubuh.

Ketika Anda menggunakan mendorong, mendayung dengan tangan, atau menggerakkan kaki akan memberikan manfaat kardio dan latihan kekuatan serta sebagai latihan untuk berenang di luar ruangan seperti di laut. Dia pun menambahkan untuk menggunakan tabir surya saat berenag di luar ruangan sebagai pelindung kulit.

Meluncur
Inline skating atau dikenal sebagai sepatu roda jadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga di luar ruangan. Berjalan-jalan menggunakan sepatu roda mengelilingi kompleks atau ke taman terdekat merupakan kegiatan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Pastikan untuk selalu memakai pelindung, seperti bantalan pergelangan tangan, siku dan lutut, dan helm yang membantu mencegah cedera saat Anda atau anggota keluarga Anda terjatuh.

Perenggangan
Ada baiknya Anda memanfaatkan kesempatan jika ada latihan senam bersama di taman dekat rumah Anda. Namun jika Anda ingin latihan perenggangan yang lebih santai, Anda bisa mengikuti kelas yoga di luar ruangan atau pilates. Selalu rajin menggunakan tabir surya agar kulit Anda tetap terhidrasi, mengingat semua latihan yang Anda lakukan di luar ruangan.

So selain tubuh kita sehat, kita juga turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Salam sehat dan save our earth, Valeriens!

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates